Iklan Investor Pialang
Jumat, 15 Desember 2017 | 09:34 WIB

Indonesia Tuan Rumah Konferensi Migrasi Internasional

Jumat, 29 Agustus 2013 / nasional / antara

OTDANEWS.COM, Jakarta - Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Kerja Sama Regional Terkait Migrasi Internasional dan Pembangunan di Asia Tenggara yang berlangsung pada 29-30 Agustus di Jakarta.

Direktur Jenderal Multilateral Kementerian Luar Negeri Hasan Kleib dan Sekretaris Jenderal Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muchtar Luthfi secara resmi membuka konferensi yang merupakan bagian dari rangkaian tiga pertemuan.

Hasan Kleib dalam sambutannya mengatakan isu migrasi dan pembangunan saling terkait erat, karena migrasi memfasilitasi pergerakan orang dan keahlian yang dapat memberikan sumbangan positif terhadap pembangunan dengan mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Selain itu migrasi dapat pula berperan untuk memperkenalkan keragaman budaya, meningkatkan pemberdayaan sosial, serta mendorong kemajuan teknologi baik di negara asal maupun tujuan," katanya.

Acara yang bertajuk "Jakarta Conference" tersebut terselenggara atas kerja sama Kemenakertrans dan Kemenlu dengan "Migration EU Expertise" (MIEUX), "International Centre for Migration Policy Development" dan "Commission on Filipino Overseas" (CFO).

Selain itu konferensi tersebut juga akan membahas berbagai mekanisme dan kerja sama yang telah ada saat ini serta berbagai tantangan dan upaya yang harus dilakukan guna mengatasi mobilitas manusia, rekrutmen tenaga kerja yang sesuai dengan ketentuan serta saling pemberian pengakuan keahlian dan kompetensi pekerja migran di kedua kawasan.

Konferensi yang dihadiri sekitar 60 peserta dari kawasan Asia Tenggara dan Uni Eropa yang bergerak di bidang migrasi dan pembangunan itu akan mengangkat berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk memperkuat strategi dan kolaborasi di bidang migrasi dan pembangunan.

Peserta konferensi terdiri atas pakar, akademisi, pejabat pemerintah, wakil-wakil masyarakat madani dan organisasi multilateral.

Dibaca : 918 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER