go green
Selasa, 21 Oktober 2014 | 14:00 WIB

Bawaslu Sulbar Dapat Dana APBN Rp9,3 Miliar

Kamis, 14 Maret 2013 / lintas daerah / antara

OTDANEWS.COM, Mamuju - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Barat, mendapat alokasi Rp9,3 miliar dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun anggaran 2013.

"Pada tahun ini pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran untuk mendukung program kerja Bawaslu. Dana ini akan dimanfaatkan untuk pengawasan tahapan pemilu 2014,"kata Ketua Bawaslu Sulbar Busran Riandi di Mamuju, Kamis.

Menurutnya, beberapa tahapan Pemilu yang telah dilaksanakan di antaranya pemantauan verifikasi faktual partai politik yang dilaksanakan oleh jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulbar dan KPU kabupaten.

"Tahapan verifikasi faktual parpol oleh KPU Sulbar telah berjalan maksimal. Saat ini kami terus memaksimalkan pengawasan terhadap setiap tahapan pemilu yang diagendakan berlangsung April 2014," katanya.

Dalam waktu dekat, kata Busrang, Bawaslu akan kembali fokus melakukan kontrol perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Perekrutan PPS sangat penting dilakukan untuk memperkecil kecurangan. Kita harus bekerja maksimal dalam mewujudkan pesta demokrasi berjalan adil dan jujur," ungkap Busran yang juga mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Mamuju.

Ia menyampaikan, tingkat kecurangan pada pelaksanaan pemilu 2014 sangat tinggi. Apalagi, tenaga PPS yang direkrut merupakan hasil rekomendasi dari kepala desa untuk diusulkan ke KPU.

"Potensi kecurangan Pemilu ada pada tataran tingkat PPS. Hal ini yang menjadi fokus perhatian kami dalam melakukan kontrol hasil pemungutan suara pada Pemilu mendatang,"jelasnya.

Busran menambahkan, dana dari APBN ini sudah termasuk untuk pembiayaN kegiatan panwaslu pada lima kabupaten di Sulbar yakni Panwaslu Polman, Majene, Mamasa, Mamuju, Matra.

"Tahun ini ada dua kabupaten yang ikut mendapatkan dukungan anggaran baik bersumber APBD maupun APBN yakni Panwaslu Polman dan Mamasa. Ini tidak menjadi masalah karena kebetulan tahun ini dua daerah tersebut akan menyelenggarakan Pilkada," katanya.

Dibaca : 155 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER