go green
Jumat, 22 Agustus 2014 | 16:48 WIB

PAN Pertanyakan Kunjungan Bupati OI ke OKI

Selasa, 29 Januari 2013 / lintas daerah / antara

OTDANEWS.COM, Palembang - Pengurus Partai Amanat Nasional mempertanyakan kunjungan yang dilakukan bupati Ogan Ilir ke Kabupaten Ogan Komering Ilir, karena terlalu sering.

"Kami juga telah mengintrusikan kepada seluruh anggota DPRD Ogan Ilir dari fraksi PAN untuk mempertanyakan hal itu secara langsung ke bupati," kata Ketua DPD PAN Kabupaten Ogan Ilir Rusdi Tahar di Palembang, Selasa.

Menurut dia, mereka mempertanyakan kapasitas Bupati OI Mawardi Yahya yang terlalu sering melakukan kunjungan ke wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

"Kunjungan Bupati OI yang dilakukan pada hari-hari kerja ini, diduga dalam kaitan sosialisasi salah satu bakal calon bupati pada Pilkada OKI 6 Juni 2013," katanya.

Dimana, kata dia, hal serupa justru tidak dilakukan bupati itu pada saat terjadi permasalahan yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat Ogan Ilir, seperti ketika terjadi konflik lahan antara warga OI dengan PTPN VII beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan bukannya mengurus persoalan rakyat OI, justru disibukan dengan kunjungan yang diduga dalam rangka sosialisasi pencalonan salah satu bakal calon bupati pada Pilkada OKI.

"Kami (DPRD) bersama masyarakat akan melaporkan hal ini ke Mendagri," ujar Rusdi yang juga anggota DPRD Sumsel dari daerah pemilihan Ogan Ilir dan OKI tersebut.

Ia menjelaskan dalam aturan perundang-undanganpun, mengatur tentang tata cara seorang pejabat politik dalam hal ini kepala daerah, yang ikut terlibat langsung dalam suksesi pencalonan Pilkada, sebagai juru kampanye misalnya diharuskan mengambil cuti.

Sehubungan dengan hal itu pula, ia telah menginstruksikan kepada seluruh anggota DPRD OI dari Fraksi PAN untuk mempertanyakan permasalahan ini secara langsung ke bupati OI. (ANTARA)

Dibaca : 447 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER