go green
Rabu, 17 September 2014 | 22:33 WIB

BKKBN Bengkulu Latih Ribuan Tenaga Medis

Jumat, 07 Desember 2012 / lintas daerah / antara

Bengkulu, investorpialang.com - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bengkulu berhasil melatih 1.108 tenaga medis yang terdiri atas perawat dan dokter untuk meningkatkan kualitas pelayanan program KB di daerah itu.

Ribuan orang tenaga medis itu telah mengantongi sertifikat terampil dalam memasang alat kontrasepsi KB, setelah mengikuti pelatihan Contraseption Technology Uptodate (CTU), kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Widati, Jumat.

Ia mengatakan, tenaga medis sebanyak itu mendapat latihan keterampilan kontrasepsi yang dilaksanakan sejak 2011 dan masih terlaksana hingga tahun 2012.

Pelatihan itu dapat menambah keterampilan tenaga medis dalam pemasangan alat kontrasepsi KB untuk mengatur dan menunda khamilan.

Pada 2011 pelatihan CTU menjangkau 738 orang terdiri atas bidan 528 orang dan dokter sebanyak 210 orang.

Pelatihan tenaga medis tahun 2012 mencapai 250 orang, terdiri atas dokter 50 orang dan bidan 210 orang dengan dukungan anggaran APBN.

Untuk petaihan CTU menggunakan biaya mandiri pada 2012 baru mendapat dana APBD antara lain Pemerintah Kabupaten Mukomuko dengan melatih sebanyak 90 bidan.

Ia mengapresiasi tinggi perhatian pemerintah daerah kabupaten itu untuk meningkatkan kualitas program KB dengan menyediakan anggaran khusus.

Pelatihan serupa akan dilanjutkan pada 2013 sebanyak 68 orang terdiri atas bidan 60 dan dokter delapan orang, juga untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta sekaitan dengan pelayanan kontrasepsi terkini, khususnya insersi IUD Post Placental dan Implant Plus Inserter, ujar Widat. (ANTARA)

Dibaca : 239 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER