Iklan Investor Pialang
Jumat, 15 Desember 2017 | 09:35 WIB

Petani Tanam Sayuran Pada Awal Musim Hujan

Sabtu, 19 Oktober 2012 / lintas daerah / antara

OTDA, Magelang - Kalangan petani di sejumlah kawasan gunung di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mulai menanam beraneka macam sayuran pada awal musim hujan.

"Umumnya sudah mulai tanam sayuran, macam-macam sayuran, karena sudah sering turun hujan," kata Penasihat Kelompok Tani 'Sidorejo' Dusun Mantran Wetan, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, di kawasan Gunung Andong Supadi Haryanto, di Magelang, Jumat.

Sebelumnya, kata dia, petani di dusun setempat merampungkan masa panen tembakau.

Ia mengatakan hujan di kawasan itu sudah mulai turun antara dua hingga tiga hari sekali.

Tanaman sayuran yang ditanam petani setempat antara lain kol, tomat, sawi, cabai, dan kubis, serta jagung.

"Rata-rata tiga bulan nanti baru mulai panen. Kalau panen sayuran untuk dijual ke pasar sayuran, kalau panen jagung umumnya untuk konsumsi sendiri," katanya.

Supadi yang juga pedagang sayuran hasil panenan petani kawasan setempat untuk dipasok ke pasar sayuran di Bandungan, Kabupaten Semarang itu mengatakan, harga tomat di tingkat petani setempat saat ini Rp2.500 per kilogram, kol Rp5.000, kubis Rp2.500, cabai Rp11.000, dan Sawi Rp1.200.

Seorang anggota Kelompok Tani "Setya Tani" Dusun Krandegan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, di kawasan Gunung Sumbing Heri Surachman mengatakan, petani setempat umumnya juga sudah mulai menanam sayuran setelah selesai masa panen tembakau.

"Di tempat kami hampir setiap hari sudah turun hujan, kebanyakan petani sudah mulai menanam sayuran. Memang saat ini cuaca cukup bagus untuk mulai tanam sayuran," katanya.

Berbagai sayuran yang mulai ditanam petani setempat antara lain "loncang", kentang, sawi, dan kubis.

"Tiga bulan lagi panen," katanya.

Sebagian kecil petani setempat tetap panen komoditas sayuran itu dengan harga saat ini antara lain "loncang" Rp5.000 per kilogram, sawi Rp1.700, kentang Rp4.500, dan kubis Rp2.200.

"Selain dipasok ke pasar di Kota Magelang juga sebagian dibawa bakul ke pasar di Yogyakarta," katanya. (Antara)

Dibaca : 14153 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER