go green
Jumat, 25 April 2014 | 11:58 WIB

Investor Tertarik Garap Batu Permata Pulau Obi

Selasa, 29 April 2013 / investor & pialang / antara

OTDANEWS.COM, Ternate - Sejumlah investor tertarik menggarap batu permata di Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut), karena batu permata di pulau itu memiliki kualitas cukup baik.

"Saya akan bekerja sama dengan penambang setempat dalam menggarap potensi batu permata tersebut. Saya akan menampung hasil batu permata yang diperoleh penambang," kata salah seorang investor batu permata, Muhammad Bakri di Ternate, Minggu.

Ia mengatakan, kualitas batu permata di Pulau Obi ini masih tergolong jenis kulit batuan mulia, belum pada spuut inti batu mulia.

Selain itu, sedikit dari batu yang ada sudah menyentuh spuut tingal penambang lebih untuk mengetahui unsur inti spuutnya untuk mendapat harga jual yang tinggi.

Muhammad Bakri mengakui, sedikitnya 10 - 30 kilo gram batuan mulia jenis batu Giok, sejenis batu bacan yang berhasil dikumpulkan warga Desa Sum kecamatan Obi Timur untuk setiap kepala keluarganya.

"Ini merupakan satu temuan baru yang menunjukkan kepulauan obi merupakan daerah yang penuh dengan Sumber Daya Alamnya (SDA) hal ini perlu untuk lebih ditingkatkan agar jenis batu ini nantinya menjadi salah satu aset handalan Obi," katanya.

Selain batu Bacan ada juga batu Obi dan yang sangat terpenting perekonomian masyarakat bisa bertambah dan dapat memberikan kontribusi bagi PAD di kabupaten tersebut.

Menurut dia, batu Obi suatu ketika akan menjadi salah satu aset dipulau obi, perekonomian mayarakatpun bisa bertambah, saat ini sedikitnya lebih dari tiga investor telah mendatangi Desa Sum untuk transaksi dalam kategori baru uji sampel.

Saat itu, di Kepulauan Obi sudah ada lebih dari lima orang pembeli asal Jakarta yang memesan dan sekaligus membeli batunya untuk dijadikan hiasan dan sampel.

Dibaca : 346 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER