go green
Jumat, 31 Oktober 2014 | 15:59 WIB

173 Juta Pemilih Sementara Masuk KPU Pusat

Senin, 15 Juli 2013 / pilkada / antara

OTDANEWS.COM, Jakarta - Sebanyak 173 juta data pemilih sementara telah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat dari daerah untuk direkapitulasi secara nasional dalam daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pemilu 2014.

"Sekira 173 juta pemilih sudah masuk ke Pusat, namun masih ada tiga provinsi belum datang DPS-nya dan lima provinsi lagi belum lengkap," kata Komisioner KPU Pusat Ferry Kurnia Rizkiyansyah di Jakarta, Senin.

Ketiga provinsi yang masih ditunggu DPS-ya adalah Sumatera Selatan, Maluku Utara dan Papua. Sementara itu, lima provinsi yang belum lengkap adalah Riau, Banten, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah.

"Semoga hari ini semuanya sudah masuk, sehingga bisa segera direkapitulasi secara nasional," katanya.

KPU telah mengumumkan data-data pemilih sementara di DPS untuk tingkat kelurahan-desa pada 11 - 24 Juli, guna memperoleh masukan dan tanggapan dari masyarakat.

"Kami berharap masyarakat dapat proaktif memeriksa dan memastikan apakah nama mereka sudah terdaftar atau belum di DPS," katanya.

Publik diberi waktu hingga 1 Agustus untuk menyampaikan masukan dan usulan mereka terhadap DPS tersebut.

Selain peran aktif masyarakat, KPU juga mengimbau kepada 12 parpol peserta pemilu untuk turut serta memeriksa dan meneliti DPS dengan cermat, supaya pada saat menjelang pemungutan suara tidak mempermasalahkan soal DPT.

Pengurus parpol di tingkat kecamatan diberikan salinan lunak (softcopy) DPS oleh KPU kabupaten-kota setempat, pada 12 - 15 Juli, untuk kemudian dipergunakan sebagaimana mestinya dalam memeriksa daftar pemilih.

"Silakan data 'soft copy' DPS dibuka, dicermati, ditelaah dan dikritisi. KPU membuka diri terhadap semua masukan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas DPT," ujarnya.

Dibaca : 328 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER